Menghilangkan fleks dengan cara yang tepat, aman, cepat dan harga terjangkau di dr. Khé & Co Clinic, Jakarta.

Adanya fleks atau bercak hitam di wajah merupakan salah satu musuh utama wanita bahkan pria juga. Karena itu akan mengganggu kecantikan wajah seseorang, bahkan dapat membuat orang menjadi minder, atau kurang percaya diri. Berbagai cara diusahakan untuk dapat menghilangkan fleks tersebut.

Apa penyebab timbulnya fleks?

  1. Faktor genetic atau keturunan yaitu bawaan lahir / tanda lahir.
  2. Paparan sinar matahari yang berlebihan

Perlu diingat efek paparan sinar matahari terhadap timbulnya fleks adalah bersifat kumulatif. Artinya lamanya waktu terpapar sinar matahari sampai timbul fleks adalah jumlah kumulatif waktu sedikit-sedikt dari usia muda sampe tua (sekarang) sampai jumlah waktu tertentu dapat menimbulkan fleks, bukan hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari sesaat saja dalam waktu lama (beberapa jam). Untuk itu pemkaian sunblock setiap hari sangat penting walaupun tidak lagi terkena sinar matahari langsung.

  1. Faktor hormonal terutama pada wanita, kehamilan, pemakaian KB hosmonal.
  2. Faktor stress dimana stress dapat menyebabkan terlepasnya Melanocyte Stimulating Hormon (MSH) yang dapat merangsang timbulnya fleks.
  3. Konsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotic (minoksilin), obat anti kejang (Difenilhindantoin, klorpromazin), anti malaria (Cloroqmin), alat kemoterapi tertentu.
  4. Adanya luka, peradangan atau jerawat di wajah yang penyembuhannya lama.
  5. Pemakaian make up yang mengandung parfume, pewarna yang bersifat fotosensitifikasi.
  6. Pemakaian cream malam dan pagi yang terlalu keras,

Dari factor no 3 s/d 8 umumnya harus disertai paparan sinar matahari baru bisa memicu terjadinya fleks. Berarti peran sinar matahari ini sangat vital didalam timbulnya fleks.

Bagaimana cara menghilangkan fleks tersebut?

  1. Hilangkan factor penyebabnya diatas terlebih dahulu kecuali mungkin factor genetic atau keturunan.

Untuk paparan sinar matahari, harus memakai sunblock. Sunblock harus minimal SPF 30, kalau bisa SPF 50, ini sangat penting. Pemakaian sunblock harus minimal 3 kali sehari, bukan 1 kali saja. Kalau sudah timbul fleks, mau dirumah atau di kantor aja. walaupun tidak kelapangan harus pakai terus. Apabila di lapangan dengan panas matahari terik, harus memakai sublock tiap jam ditimpa terus kalau bisa.

Walau memakai sunblock, paparan sinar matahari di wajah harus di hindari sebisa mungkin, terutama matahari siang s/d sore hari, Jangan mentang mentang sudah memakai sunblock jadi boleh kena sinar matahari. Bila akan kelapangan yang terkena paparan sinarmatahari misalnya ke pantai, maka selain pemakaian sunblock tiap jam harus diberi tambahan perlin dungan dengan pemakaian payung, cadar atau bedak yang kita namakan double/triple protection terhadap sinar matahari.

Untuk factor hormonal seperti pemakaian KB, obat-obat tertentu, cream yang keras, harus dihentikan dan diganti dengn yang lain yang lebih cocok.

Demikian juga factor stress harus dicari jalan penyelesaiaannya.

  1. Pemakaian cream malam berupa bleaching cream yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Fungsi cream pemutih adalah mengangkat lapisan tanduk pada kulit, melenyapkan komedo, melancarkan peredaran darah dibawah kulit, mencerahkan dan menambah kekenyalan kulit wajah, pemakaian cream pagi yang mengandung pelembab, vitamin dan antioxidant untuk memberikan nutrisi dan menyehatkan kulit setelah pemakaian sunblock.
  2. Chemical Peeling

Chemical Peeling bertujuan untuk melepaskan lapisan kulit dari tipis s/d tebal di atas permukaan kulit. Pada pengobatan fleks, harapannya adalah lapisan flek itu juga ikut terlepas. Namun pada kenyataanya mengandalkan chemical peeling saja untuk terapi fleks hasilnya sering tidak memuaskan. Karena untuk memberikan hasil yang bagus pada terapi fleks, chemical peeling harus dapat mengangkat kulit cukup tebal. Akibatnya adalah kulit wajah harus hitam dulu selama 5 – 7 hari sebelum kulit terkelupas sehingga mengganggu aktifitas. Belum lagi resiko timbulnya fleks hitam baru akibat peeling yang terlalu dalam, Maka umumnya chemical peeling dilakukan dengan pengelupasan tipis-tipis, namun harus dilakukan berkali-kali dan dikombinasikan dengan pemakaian cream malem dan pagi, dan bahkan ditambah laser untuk memberikan hasil yang bagus. Menurut pendapat kami, Chemical peeling hanya cocok untuk fleks yang tipis dan tidak terlalu dalam.

  1. Microdermabrasi

Mikrodemabrasi adalah juga bertujuan untuk melepaskan lapisan kulit mati di atasnya secara mekanik. Lapisan kulit yang di lepaskan juga biasanya tidak setebal chemical peeling. Akibatnya hasil untuk flek tidak lebih baik dari chemical peeling. Mikrodermabrasi hanya dipakai sebagai tambahan aja agar pemakaian cream malam bisa lebih diserap kulit dengan melepaskan kulit mati diatasnya.

  1. Laser

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan fleks adalah dengan laser. Sebagian orang takut dengan penggunaan laser pada fleks, Karena takut malah fleks menjadi tambah hitam. Banyak orang berpikiran laser itu cuma satu macam saja. dan bisa digunakan untuk semua masalah kulit. Nyatanya laser dibidang kecantikan itu ada puluhan macam jenisnya dan masing-masing berfungsi berbeda-beda.

Fleks di wajah kita ada beberapa jenis, semuanya memerlukan penggunaan laser yang berbeda-beda sesuai dengan jenis fleks untuk memberikan hasil terbaik.

  1. untuk fleks yang letaknya menonjol dipermukaan kulit seperti bercak penuaan pada orang tua, terapi terbaik adalah erbium/Laser Co2/Alexandrite long pulse. Biasanya cukup 1 kali terapi hasil langsung bersih. Jenis ini dengan pemakaian cream malam/ mikrodermabrasi / chemical peeling hasilnya kurang memuaskan dan lam.
  2. Untuk fleks yang berupa bercak kecil-kecil dan rata dipermukaan kulit seperti fleks, lentigo. terapi terbaik adalah :
  3. IPL biasanya tanpa bekas dengan 2 – 4 kali kunjungan dalam interval 3 minggu sekali.
  4. QSwicth KTP-Long Pulse Alexandrite, biasanya cukup 1 x terapi hasil langsung bersih, tetapi ada proses hitam dulu/agak gelap detempat fleksnya saja selama 4 – 6 hari baru copot.
  5. Untuk fleks yang berupa bercak bercak kulit tapi dalam seperti : Horrisnovi, kita memakai QSwitch ndyag. Biasanya perlu 4-10 x kunjungan dengan interval 3 – 4 minggu.
  6. Untuk Fleks yang berupa bercak lebar bisa hanya dipermukaan s/d dalam seperti melasma, Kita biasanya menggunakan QSwitch Ndyag dengan energi rendah saja supaya tidak timbul efek samping. Biasanya perlu 4 – 10 kali kunjungan dengan interval 2 minggu
  7. Untuk fleks yang berupa bercak akibat penyembuhan dari luka/peradangan. kita namakan PIH (Post Inflamasi Hiperpigmentasi), kita gunakan QSwitch Ndyag. Biasanya perlu 4-10 kali kunjungan dengan interval 2 minggu.
  8. Fleks bawaan/tanda lahir

Tanda lahir yang berwarna hitam dapat dihilangkan dengan laser tergantung jenisnya, memerlukan jenis laser yang berbeda-beda pula.

  1. Nevus Ota : digunakan laser QSwitch Ndyag biasanya 6 – 15 kali kunjungan dengan interval 1 bulan.
  2. Café auleuit digunakan laser QSwitch KTP (532) biasanya 1-3 kali kunjungan dengan interval 2 bulan.
  3. Berkers Nevi : digunakan laser QSwitch KTP (532) biasanya 1-3 kali kunjungan dengan interval 2 bulan.

Contoh Kasus Melasma

melasma

Contoh Kasus Flekles

flekles

Contoh Kasus Tanda Lahir / Nevus ota

tanda-lahir-nevus ota

 

Contoh Kasus Hori Nevi

hori-nevi